Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Menangkap Wms Wifi.Id Seamless Memakai Mikrotik Router Board

id Seamless Menggunakan Mikrotik Router Board Tutorial Menangkap WMS Wifi.id Seamless Menggunakan Mikrotik Router Board

Seamless wifi.id ialah sebuah layanan internet berbasis wireless atau lebih tepatnya layanan wifi hotspot.  Seamless wifi.id disediakan oleh PT Telkom untuk pengguna indihome semoga supaya sanggup menikmati wifi di tempat-tempat umum yang sudah tersedia koneksi wifi.id, contohnya di Mall, di Stasiun, di Rumah Sakit, di Cafe dan lain-lain.

Pelanggan Indihome untuk sanggup menikmati koneksi wifi hotspot Seamless tentunya harus mengaktifkanya melalui aplikasi My Indihome, yang hanya akan di kenakan biaya aksesori Rp. 10.000,- per bulan untuk satu perangkat.

Bagaimana mendapat akun Seamless Wifi.id kalau tidak berlangganan indihome ? Bisa.. kalian sanggup membelinya melalui aplikasi Wifi.id Go atau... Cek toko online ya Gan....

Ooh iya untuk corat coret kali ini saya akan membuatkan cara atau tutorial menangkap Seamless wifi.id dengan memakai Mikrotik Router Board, tentunya tutorial ini banyak dicari anda yang akan memulai bisnis RTRW net dengan memakai ISP WMS Wifi.id.

Baca Juga : Cara Paling Praktis Remote Mikrotik Jarak Jauh Dengan OVPN Gratisan

Sebelum ke tutorianya, pastikan dulu anda sudah menyiapkan alat-alatnya...

1. Tersedia SSID Seamles@wifi.id
2. Mikrotik Router Board yang ada wireless nya
3. Akun Seamless
4. Komputer atau laptop yang sudah terinstal Winbox
5. Secangkir Kopi Hitam + Rokok

Jika alat-alat diatas sudah siap maka eksklusif saja ke tutorialnya...

Membuat IP Address,
Saya pola kan untuk Ether 3 yang akan saya gunakan untuk pengguna atau client.

IP > Address 192.168.2.1/24 , kemudian pilih interface nya ether 3


Membuat DHCP Server,
Selanjutnya ke IP > DHCP Server, kemudian klik DHCP Setup, kemudian pilih DHCP Server interface pilih ether 3 yang akan dipakai untuk pengguna, kemudian klik klik klik hingga dengan selesai.


Wireless untuk menangkap seamless@wifi.id
Ke sajian Wireless > Aktifkan dahulu wireless nya kalau belum aktif, selanjutnya ke sajian Security Profiles ini poin yang paling penting.
di tab General berikan nama terserah anda, kemudian berikan centang di WPA EAP dan WPA2 EAP yang lain buang centang nya, kemudian isi Identify dengan akun seamless anda.


Selanjutnya ke tab Radius dan centang  MAC Authentication dan MAC Accounting


Geser ke tab EAP, dan pilih EAP Methods nya PEAP, kemudian isikan username dan password akun seamless anda.


Masih di sajian Wireless kemudian balik lagi ke tab Wifi Interfaces dan dobel klik interface wlan1 nya, kemudian di sajian Interface wlan1 ke tab Wireless kemudian klik sajian Scan yang ada di bab kanan, kalau SSID seamles@wifi.id tidak muncul maka anda harus mengaktifkan Advanced Mode yang ada di sajian bab kanan, Setting Country Indonesia atau China terserah, kemudian klik Scan lagi, kalau sudah ada silahkan di klik ssid seamless@wifi.id nya kemudian klik Connect.


Jangan lupa pilih Security Profile nya ke Security Profile yang sudah anda buat, kemudian klik Apply dan OK.

Membuat DHCP Client, semoga mendapat IP dari seamless nya
Masuk ke sajian DHCP Client, Interface wlan1 dan Default Route pilih Yes supaya otomatis ter Route koneksi dari seamless.



Membuat NAT
Masuk ke sajian IP > Firewall > NAT
Chain : srcnat, Out Interface : wlan1, masuk ke tab Action dan pilih masquerade, Apply dan OK.

DNS
IP > DNS beri centang Allow Remote Request nya. Apply dan OK.


Sampai disini Mikrotik anda sudah terkoneksi atau sudah berhasil menangkap seamless@wifi.id

Kemudian semoga Mikrotik sanggup difungsikan sebagai Access Point anda cukup menciptakan Virtual Wifi, caranya sebagai berikut :

Masuk ke sajian Wireless kemudian di tab Wifi Interfaces klik + dan pilih Virtual, Selanjutnya untuk menunjukkan nama atau SSID masuk ke tab Wireless, untuk Security Profile silahkan buat menyerupai langkah menciptakan Security Profile untuk seamless di atas, namun jangan memakai WPA EAP dan WPA2 EAP, cukup dengan WPA PSK dan WPA2 PSK.
Kemudian langkah selanjutnya semoga WIFI Mikrotik sanggup mendapat IP (bisa digunakan) yaitu menciptakan bridge wlan2 Virtual Wifi tadi dengan ether 3,
Caranya sanggup dibaca di postingan saya sebelumya :

Cara Membuat Master Port atau Bridging Mikrotik RouterBoard

SELESAI...

Semoga Bermanfaat, Terimaksih atas kunjungannya, dan mohon maaf kalau ada salah kata dalam postingan, silahkan membuatkan pengalamannya dengan mencorat-coret kolom komentar di bawah.