Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pilih Indihome Apa Wms Wifi.Id ?

Sebelum aku menentukan untuk memasang wifi dirumah, aku sempat di bikin gundah dengan kedua produk ini, walaupun sama-sama dari Telkom Indonesia, namun keduanya memiliki kelebihan masing-masing, waktu itu aku sempat terfikir terus pilih indihome apa wms wifi.id ?


Dari keduanya memang waktu itu sedang ada promo, untuk promo indihome yaitu kecepatan 10Mbps bayar perbulannya hanya 215 ribu, sudah termasuk ppn, dan paket 10Mbps tersebut hanya internet saja, tidak termasuk layanan telpon ataupun tv kabel, dan untuk biaya instalasi 150 ribu yang akan di tambahkan di pembayaran bulan pertama.

Nah untuk promo WMS wifi.id dengan kecepatan 20Mbps, bayar perbulannya 329 ribu belum termasuk ppn, kalau dihitung plus ppn jadi 365 ribu per bulan, dan paket tersebut hanya internet saja, lantaran memang WMS wifi.id tidak tersedia layanan telpon maupun tv kabel, untuk biaya istalasi gratis.

Setelah di fikir-fikir hasilnya aku menentukan indihome, dan tidak usang kemudian sesudah registrasi hasilnya ada teknisi tiba dan memasang indihome dirumah saya.

Kemudian aku memasang aplikasi My Indihome yang aku download melalui Play Store untuk mengecek pemakaian kuota Indihome saya.

Baca Juga : Mikrotik Router Board RB450GX4 Unboxing dan Spesifikasi

Dua bulan kemudian, berhubung aku termasuk hobi download file-file besar dan juga nonton, aku mencicipi internet aku lelet, ternyata lelet di sebabkan lantaran sudah melewati batas pemakaian wajar, internet aku 10Mbps satu bulannya menerima kuota 400GB, sesudah pemakaian 200GB kecepatan internet akan turun 25%, dan sesudah pemakaian 300GB akan turun 50% dan saat sudah pemakaian mencapai 400GB maka kecepatan internet akan lelet banget, masih sanggup terkoneksi sih, namun bagi aku tidak nyaman, solusinya yaitu dengan membeli paket Add On Speed On Demand, namun aku membiarkan internet lelet hingga habis tanggal tersebut, di bulan berikutnya pun sama, awal bulan speed kenceng sesuai paket, namun saat sudah terkena FUP maka kecepatan akan turun.

Akhirnya aku coba-coba ingin ber alih ke WMS wifi.id, bukan ber alih sih, lebih tepatnya aku ingin memasang lagi dirumah tapi bukan Indihome lagi, namun aku ingin coba-coba memasang WMS wifi.id, sayapun menanyakan hal tersebut melalui Telkom Care facebook via inbox, dan pribadi di balas chat saya, katanya sanggup di pasang dan di sandingkan dengan indihome yang sudah ada.


Baca Juga : Cara Menjadikan Modem ZTE F609 Sebagai Access Point Hotspot


Tidak usang kemudian aku coba-coba menghubungi sales WMS wifi.id, dan sesudah di data ternyata untuk area aku tidak diperbolehkan pemasangan WMS wifi.id kalau di rumah sudah terpasang Indihome, dan sayapun menanyakan solusi nya, dan solusinya yaitu berhenti berlangganan Indihome terlebih dahulu, kemudian WMS sanggup terealisasikan. Dapat informasi menyerupai itu aku pun pribadi menuju ke facebook dan mencari Telkom Care lagi untuk mengajukan berhenti berlangganan, aku disuruh untuk mengisi data dan menyertakan foto KTP, aku pribadi memperlihatkan data dan foto kopi KTP dan tidak usang kemudian Telkom Care menyuruh aku untuk mencabut kabel dari modem indihome, dan modemnya suruh di kembalikan ke Plasa Telkom terdekat.

Ke esokan hari nya aku pergi ke Plasa Telkom untuk menyerahkan atau mengembalikan modem dan hasilnya selesai proses berhenti berlangganan Indihome.

Lanjut aku pribadi menghubungi sales WMS wifi.id, dan aku disuruh menunggu nanti beberapa hari akan ada teknisi tiba untuk memasang Modem,

Setelah penantian yang cukup panjang, satu ahad lebih hasilnya ada teknisi tiba dan memasang, hari pertama hanya modem yang dipasang dan belum sanggup di pakai internetnya, katanya modem jangan di matikan biarkan saja menyala semoga proses aktifasi berjalan dengan baik, hari berikutnya tiba lagi beda orang dan memasang Access Point, sesudah pemasangan selasai lansung aku tes dan sudah sanggup di gunakan hingga sekarang.


oh iya... ada beberapa perbedaan antara Indihome dan WMS wifi.id, di antaranya :

  1. Indihome menyediakan layanan telpon rumah dan tv kabel, sedangkan WMS wifi.id tidak ada
  2. LAN di modem Indihome sanggup di gunakan, sedangkan LAN modem WMS wifi.id tidak sanggup hanya sanggup mengakses internet melalui Access Point saja (koneksi wireless)
  3. Indihome minimal paket 10Mbps dan sanggup di Upgrade sedangkan WMS wifi.id minimal 20Mbps dan sanggup di upgrsde juga.
  4. Indihome hanya diberikan Modem, sedangkan WMS wifi.id diberikan modem dan Access Point
  5. Indihome ada FUP (batas pemakaian wajar), sedangkan WMS wifi.id tanpa FUP atau Unlimited
  6. Indihome hanya ada SSID pribadi, Sedangkan WMS wifi.id tersedia banyak SSID yang sanggup di gunakan, SSID pribadi (venue), SSID @wifi.id, SSID seamless@wifi.id, SSID flashzone-seamless, SSID indischool@wifi.id
  7. Kecepatan upload download Indihome tidak sama, misalkan kecepatan download 10Mbps maka upload nya hanya 2Mbps, sedangkan WMS wifi.id kecepatan download 20Mbps maka uploadnya pun sama yaitu 20Mbps.
dan berikut hasil speed test untuk WMS wifi.id menggunakan SSID pribadi (venue), SSID flashzone dan SSID @wifi.id :

Speed Test Venue 20Mbps

Speed Test flashzone

Speed Test @wifi.id

Baca Juga :

> Mikrotik RB931 hAP Mini - Mikrotik Murah Fitur Wah...
> Topologi Jaringan RTRW Net Menggunakan ISP Wifi id Managed Service

> Mikrotik Router Board RB450GX4 Unboxing dan Spesifikasi



Makara kesimpulannya, Pilih Indihome apa WMS wifi.id ?

* Keduanya sama-sama dari Telkom Indonesia dan menggunakan jalur Fiber Optik yang sama,
Untuk kalian yang membutuhkan Telpon rumah dan TV kabel Indihome yaitu pilihan yang tepat.

* Sedangkan kalian yang hanya membutuhkan internet saja, dan hobi download file-file besar atau mau di buat RTRW net, dan tidak ada FUP, maka pilihannya yaitu WMS wifi.id.


Demikian ulasan singkat ihwal pengalaman aku menggunakan Indihome dan WMS wifi.id, semoga sanggup bermanfaat dan sanggup menjadi tumpuan buat kalian, Jika ada kekurangan dalam ketikan kalimat kata-kata aku mohon untuk dimaafkan, dan kalau kalian punya pertanyaan ataupun mau membuatkan pengalaman, silahkan saja corat coret di kolom komentar. Terimakasih.